INSTAGRAM

INSTAGRAM

“Ih, cantik banget”
“Ih imut banget”
“Manis banget sih ka”
“Body goals”
“Relationship goals”

Dan masih banyak komentar-komentar lain yang bakal kita temuin di media sosial. Kali ini gue akan bahas media sosial terbesar, yaitu INSTAGRAM.  Dulu waktu jaman gue SMP, instagram hanya dimiliki oleh orang-orang yang memakai iPhone. Namun seiring bertambah majunya teknologi, android pun keluar. Dan instagram bisa dipakai bagi para pengguna android. Jaman gue SMA, ga banyak yang pake instagram. Karena dulu smartphone juga belom menjamur. Tapi zaman terus maju dan berkembang, sekarang smartphone adalah kewajiban mutlak bagi setiap kaum manusia di dunia. Jaman gue SMA juga ngga banyak yang punya instagram, tapi yaa balik lagi. Karena smartphone mulai menjamur, akhirnya banyak juga user instagram. Yap. Dulu dengan adanya instagram gue bener-bener seneng banget. Kenapa? Karena disana gue bisa share foto-foto gue (Karena gue suka foto). Selain itu ngga banyak orang yang tau (Karena dulu penggunanya masih sedikit). Tapi sekarang? Penggunanya udah berjuta-juta. Dan semua kalangan pun punya. Termasuk bokap dan nyokap gue. Instagram sekarang memiliki banyak fungsi. Dari 1 foto bisa menghasilkan berjuta juta uang.
Tapi, ntah kenapa, kadang gue suka gerah gitu kalo liat orang-orang di instagram.  Kenapa sekarang instagram jadi ajang tempat untuk berlomba-lomba memerkan kecantikan? Memamerkan kekayaan? Memamerkan segala hal? Sebenarnya ada sisi positifnya, tapi dari positif pasti ada negatifnya juga dong ya?
Lo pasti pernah ngeliat orang-orang berparas cantik dengan full make up yang makin membuat wajahnya kaya boneka gitu. Entah lo liat dari followers lo sendiri ataupun explore. Atau lo pernah liat orang-orang yang memamerkan tas atau baju atau sepatu atau topi atau ­make-up dengan merek-merek terkenal dan mahal pastinya. Lo pernah sadar ga sih kalo orang-orang yang ngeliat itu pasti bakalan iri. PASTI. Ga mungkin engga. Jadi kepengen jadi ini jadi itu. Okelah, untuk orang-orang yang sudah berpenghasilan lo bisa dapetin dan ikutin apa pun yang lo mau. Tapi bagi kalian yang masih SD, SMP ataupun SMA? Yang notabene duit aja masih minta orang tua. Nah lo mau ngikutin kaya yang di instagram lo harus ngerengek dulu sama bokap nyokap lo. Lo ga kasian?
Gue juga suka kagum aja ngeliat anak-anak yang umurnya di bawah gue udah jago moles wajahnya sendiri. Buset, waktu gue SMP dulu yaa de, gue mana ngerti sih namanya lipstick, blush on, mascara, eye liner, eye shadow, concealer dan apalah itu. Ya, mungkin itu nilai plus bagi anak jaman sekarang. Tapi kalo itu lo aplikasikan saat lo pergi ke sekolah? Lo ke sekolah mau belajar atau mau promosi make up sih, de? Sedih bener-bener sedih (Untung ade gue cowok). Tapi meskipun adek gue cowo gue juga bakalan lebih khawatir.
Selain itu, sekarang lagi marak-maraknya cafe, restaurant atau pun tempat yang instagramable gitu. Semua berlomba-lomba untuk membuat suatu tempat menjadi lebih bergaya. Dan banyak juga orang-orang yang memburu hanya untuk berfoto dan di upload di Instagram. Membeli makanan dan ditata sedemikian rupa, lalu difoto dan di upload. Yaa, gue akui, gue pun juga pernah demikian. Tapi yaa bagi yang ngeliat, lo ngerasa suka ngenvy gitu ga sih? Lo langsung berburu ke tempat-tempat yang lagi hits. Oke, Ga masalah. Manusiawi dan wajar. Gue anggap ini suatu seni foto.
Trus soal hubungan. Okelah, ngga masalah lo upload foto bareng doi lo. Gue pun juga pernah melakukannya. Jujur, itu yang buat orang-orang envy. Termasuk gue. Kenapa? Pasti orang-orang yang belom punya pasangan pada sedih. Pada ngerasa tertinggal, pada ngerasa ngga laku, pada ngerasa ga ada yang merhatiin. Kan sedih. Kan kasian. Belom lagi kalo mantan-mantan lo atau mantan gebetan lo bakal nyumpah-nyumpahin yang engga-engga (Itu kalo lo berlaku ga baik sih ke mantan2 lo). Ya kalo lo berlaku baik, sukur deh kalo di doain langgeng. Apalagi gue tuh suka envy kalo ada yang komen “GOALS” “Ini baru relationship goals”. Suka sedih aja bacanya ngga tau kenapa. Gue ngerasa terharu. Kadang orang-orang pada suka nyinyir. Jadi pada suka iri. Yaah jatuhnya kepengen lagi. Dan menghayal lagi.
Tapi ngomong-ngomong soal ke goals-an, ga Cuma relationship aja. Sekarang pun banyak yang berlomba-lomba untuk memamerkan tubuh langsing, ramping, kaki jenjang kaya girlband Korea. Katanya sih, GOALS. Yaa gue apa si, badan gue juga ga sekurus itu, ga sebagus itu, bahkan gue jauh dari kata goals.  Bahkan orang-orang sampe pada beli produk-produk yang bisa menguruskan badan atau menurunkan berat badan. Yaaa sebenernya dengan ngatur pola makan dan olahraga pun BISA.
Ngga Cuma itu. Kadang gue suka iri gitu liat yang wajahnya tirus, mulus, tanpa jerawat, tanpa pori-pori besar, hidung mancung, mata bagus, kulit putih bersinar, glowing gitu. Kenapa sih kenapa? Nah, jatuhnya gue jadi iri dan kepengen. Ngga Cuma gue. Orang-orang yang ngeliat pun pada envy. Mereka jadi beli berbagai macam produk yang bisa wajah jadi glowing. Gue boro-boro beli begituan, Nyokap liat gue pake pelembab aja kadang udah nyinyir. “Itu pake apa? Jangan pake aneh-aneh! Pakenya pelembab aja sama bedak biasa”. Alhasil, sampe sekarang pun gue Cuma pake pelembab + bedak bayi, apapun acaranya (Kecuali yang emang harus pake full make up). Bahkan, wisudaan kemaren, gue Cuma pake pelembab, sun cream, bedak, pensil alis, liptint/lip cream, blush on dan protellium jelly. Yaa di samping gue ga jago make up, gue juga suka yang tipis-tipis.
Selain itu. Buat lo mahasiswa semester akhir! Pasti bakalan gerah ngeliat orang yang udah pake toga atau PDUB(Bagi Taruna), pake samir, bawa ijazah dan sertifikat, bawa bunga dan tak ketinggalan gandengannya yang gandeng lo dengan senyum sumringahnya. Lobaca caption “CONGRATULATION YAA” Pasti bakalan buat hati lo bagai ketusuk sejuta paku. Belum lagi lo bakalan gerah dengan pertanyaan-pertanyaan “KAPAN SIDANG?” “KAPAN WISUDA?” “KAPAN NIKAH” KELAR LAH HIDUP LO! Boro-boro sidang, boro-boro wisuda, boro-boro nikah, lo aja masih pada berjuang ngejerin dosen kan? Belom lagi kalo judul skripsi lo ditolak dan disuruh ngerubah. Belum lagi lo bakalan melihat goresan-goresan indah di skripsi lo. Belom lagi duit lo yang harusnya buat makan dan foya-foya bakalan berkurang hanya untuk kertas dan tinta.
Dari semua yang gue tulis, itu belom seberapa. Instagram pun sekarang bisa jadi penebar kebencian. Ada artis atau orang biasa yang ngga dia suka, netizen pasti pada gatel buat nyinyir. Atau main sindir-sindiran lewat Insta story. Pada komen yang engga-engga. Nanti ujung-ujungnya heboh. Jatuhnya viral. Yaa kalo viralnya itu positif dan berguna. Kalo engga? Bisa-bisa nama lo sendiri yang jatuh.
Oke, maksud gue nulis ini itu apa? Gue pengen ngajak kalian buat MEMBATASI membuka INSTAGRAM. Kenapa? Karena itu bakal mengurangi rasa IRI dan DENGKI kalian. Selain itu, dengan lo membatasi membuka instagram lo, lo bakalan lebih BERSYUKUR sama diri lo sendiri, daripada lo harus membandingkan diri lo dengan orang yang ada di instagram. Lo jadi mencintai diri lo sendiri dan mencintai hidup lo. Lo tau? Apapun yang ada di instagram, ga sebagus yang lo pikirin. Ga seindah yang lo lihat. Gue pun sebenernya juga ga bisa stop sama pemakaian media sosial ini. Tapi gue berusaha untuk membatasi dan melihat seperlunya. Gue pengen mencintai diri gue sendiri tanpa harus membandingkan diri sama orang lain. Pokonya gue pengen lebih bersyukur dengan apa yang gue miliki, meski itu ga seperti sesuatu yang lagi TREN di media sosial. Gue juga ingin menjalankan hidup gue sesuai kehendak gue, sesuai keinginan gue. Masih banyak hal yang pengen gue gapai. Gue ngga pengen apa yang udah gue susun sedemikian rupa bakalan hancur berantakan Cuma gegara gue ngerasa jauh tertinggal di bawah dari orang-orang media sosial.
Percaya deh. Ini sangat membantu buat lo lebih PERCAYA DIRI dan jadi APA ADANYA. Bukan ADA APANYA. Lo tuh keren, lo tuh cantik, lo tuh enak di pandang, lo punya hubungan yang mungkin lebih goals dari orang-orang instagram , bahkan mungkin lo punya suatu hal yang ga orang-orang miliki. Ga Cuma itu, inget. Buat lo yang masih pendidikan sekarang, nikmatilah masa-masa itu. Buat lo yang masih skripsian, terus berjuang dan jangan pernah dengerin apa kata orang yang buat lo down. Jangan pernah lo ngerasa ketinggalan. Jangan pernah lo ngerasa lo adalah orang paling gagal. TOLONG jangan pernah lo banding-bandingin diri lo sama orang lain. Itu bakal buat lo sakit hati sendiri, bakal buat dunia lo penuh kepalsuan dan ketidak adanya syukur dalam diri lo. Bakal buat lo down dan buat lo stres sendiri. Jadi, ayo kita barengan buat membatasi penggunaan Instagram supaya dapat mencintai diri sendiri. Semoga bermanfaat.

Cirebon, 13 November 2017


Comments