PERNAH KURUS

Selamat malam. Gue mau cerita sedikit sama kalian. Ngga sedikit sih, tapi banyak. Gue mau cerita kalau gue pernah kurus. Itu aja.

Gue emang terlahir chubby gitu. Ya pokonya engga gendut bangetlah intinya. Dulu gue termasuk anak yang suka banget milih-milih makanan. Gue palin anti sama yang namanya SAYUR. Benci banget ngga tau kenapa. Gue suka ayam, daging, roti, susu, es krim, dll. But, it;s not make me fat. Badan gue juga segitu2 aja. Sampe suatu saat, waktu gue TK (Kalo ga salah), Mama ngasih gue obat cacing. Kenapa? Gara-gara gue kalo makan suka di mut gitu, terus juga gue suka moody-an kalo makan. Awalnya gue ngga mau minum obat cacing itu, tapi mama mengiming-imingi gue kalo rasanya enak, ngga pahit, dan manis. Alhasil sekali nyoba langsung ketagihan. Dan akhirnya gue suka sama obat cacing. Nafsu makan gue nambah. Yaaaa, bisa dikatakan akhirnya badan gue sedikit lebih berisi. Gue orangnya aktif. Waktu SD gue ikutan pramuka, paskib, marching band, melukis sama apalagi gue lupa.

Waktu kelas 5 SD, gue ikut marching band. Awalnya gue pegang snare drum. Tapi semenjak coachnya diganti, semuanya dirombak. Gue beserta temen-temen dan ade kelas gue yang tinggi-tinggi (btw dulu gue tinggi)dijadiin colour guard. Pikiran lo colour guard itu apa si? Cuma sebatas pemanis aja? Bukan bagian terpenting karena ngga megang alat? Gerakan yang monoton? YAP! Awalnya pun gue berfikiran seperti itu. Tapi kenyataannya salah. Latihan awal gue Cuma pake tongkat aluminium yang ringan. Gerakan-gerakan awal pemanasan emang membosankan. Gue lupa namanya apa aja, tapi untuk pemanasan aja ada 16 variasi. Sampe akhirnya gue belajar toss (melempar). Gue ngga mau cerita banyak. Nanti gue ceritain soal colour guard itu apa. Awalnya gue bener-bener cape, ngeluh, dan lainnya. Tapi dari sini gue belajar untuk jadi lebih gesit, lincah dan berwibawa. Gue ambil hikmahnya. GUE KURUS.

Waktu kelas 6 SD pun gue masih kurus, tinggi, berkulit hitam manis gitu (Karena efek di jemur selama 1,5 bulan waktu latihan marching). Gue adalah anak primagama sejak kelas 4 SD. Dulu primagama gue deket kantor Ayah, tapi akhirnya gue dipindah ke primagama yang deket rumah. Gue inget banget, pertama kali gue masuk kelas, mentornya adalah guru biologi favorit gue di Sekolah. Pak siapa ya? Gue lupa namanya. Gue pake celana jeans, pake kaos ungu, pake sepatu putih, tas gendong warna hitam, rambut gue yang lurus hitam itu gue gerai. Lo bisa bayangin gue kaya apa dulu. Begitu gue perkenalan diri, satu kelas ricuh. “Eh, anak SMP di sebelah” Kata salah satu cowok. Entah karena gue yang tinggi atau gimana, gue dikatain anak SMP -_-
Tapi gue seneng, mereka semua mau nerima gue, rame, dan seru. Yaaa meski gue suka dijailin gegara gue pendiem sih. Percaya deh, gue pendiem awalnya doang ko, kalo udah kenal mah rame. Skip. Ini ngga perlu gue ceritain.

Lo tau? Dulu celana jeans gue berukuran XXS. Bahkan itu pun masih sedikit longgar. Lo bayangin aja seberapa kurusnya gue dulu? Kelas 6 SD, berat gue 42 kg kalo ga salah. Sampe pada akhirnya, nunggu pengumuman kelulusan waktu SD. Banyak libur. Kerjaan gue di rumah? Nonton depan tv sambil makan. Kaki selalu naik ke atas kursi. Gitu aja tiap hari kerjaan gue. Sampe pada akhirnya berat gue naik. Kelas 1 SMP gue mencapai  50 kg. Sedikit miris dengernya. SMP pun sebenernya gue jarang sarapan. Tapi ayah selalu ngomel. Kenapa gue males sarapan? Karena tiap habis sarapan, pasti langsung poop alias boker. Gitu terus tiap hari. Sampe ayah gue ngasih gue minyak ikan. Gue minum itu untuk nambah nafsu makan. Alhasil, berhasil. Kelas 2 SMP berat gue 62 kg. Hebat? Iya hebatlah. Karena gue udah bisa masak sejak SD, gue selalu bawa bekal dengan masakan gue sendiri. Menu favorit dulu adalah nasi goreng ikan. Rasanya? ENAK. PEDAS. Temen-temen gue suka minta kalo di kelas. Dan gue selalu bawa banyak.
Setelah lebaran, berat gue pun turun lagi jadi 55 kg. Ngga tau kenapa berat gue turun, padahal jarang banget namanya olahraga.

Begitu masuk SMA, gue tetap bertahan di 55 kg. Gue ikut paskib lagi. Berat gue makin turun jadi 51 kg. Alhamdulillah. Tapi, semenjak gue punya pacar, berat gue naik. Maklum, ini efek bahagia sih. Sampe SMA selesai, berat gue mencapai 68 kg. Kalian bisa bayangin gimana besarnya badan gue. Kalian penasaran ga sih apa yang gue makan? Gue jarang makan pagi. CATET. Tiap istirahat gue jajan siomay/batagor/gorengan. CATET. Siangnya gue ngga pernah absen makan. CATET. Setelah makan siang gue beli mie ayam/bakso ditambah beli gorengan. CATET. Malamnya nafsu makan gue selalu tinggi, dan gue juga ambil porsi banyak. Apalagi kalo lauknya udah ayam. CATET. Nasi gue satu piring yang gede, dan kalo ada temen gue yang ngga habis, pasti gue tampung. CATET. Malam juga gue suka ngemil. CATET. Gitu aja terus ampe lulus. Sampe pada akhirnya gue disuruh diet karena mau dimasukin polwan, tapi karena gagal diet, akhirnya harapan ayah gue pupus. Setelah lulus SMA, gue putus. Nafsu makan gue turun. Dan gue berhasil turun 1 kg. 1 kg rasanya seneng banget. Tapi bener-bener ngga ngaruh sama sekali.

Sampe pada akhirnya, gue mau jadi taruni. Gue masih bertahan dengan 68 kg. Gemblengan satu bulan di Puslatpur (Pusat Latihan Tempur) Marinir, Purboyo, Malang Selatan, Jawa Timur. Gue tersadar disana. Gue malu punya badan besar. Meski banyak yang berbadan besar, tapi gue tetep malu. Gue yakin mereka-mereka yang lihat gue pasti nge-bully dalam hati. Gue masih ngga suka sama yang namanya SAYUR. Setiap dapet SAYUR di kotak makan gue, gue selalu kasih para taruna. Gue selalu bagi nasi ke mereka. Pokoknya gue makan super sedikit. Setiap dapet snack, gue selalu kasih ke temen-temen yang mau. Dan mereka selalu rebutan. 2 minggu berlalu. Gue nimbang di poliklinik, tapi gue Cuma turun 1 kg. Jadi 67 kg. Jujur, berat rasanya ikut kegiatan. Gampang cape dll.

Sampe pada akhirnya pas mulai masuk kampus, gue minder gegara temen-temen seangkatan gue bodynya kurus-kurus. JUJUR GUE MALU. Dari sanalah gue punya tekad untuk kurus. Ngga instan dan ngga langsung turun gitu aja. Semua butuh perjuangan. Olahraga, nge-gym, makan dengan porsi sedikit, makan teratur, minum lemon. Segala macam diet gue ikutin. Alhasil gue turun, dari 67 kg ke 65 kg. Selanjutnya ke 63 kg ke 61 kg. 61 kg ke 58 kg. 58 kg ke 55 kg. 55 kg ke 53 kg. 53 kg ke 50 kg. Tapi waktu PKL berat gue nambah jadi 53 kg. Setelah magang naik jadi 55 kg. Tapi pas gue lulus kuliah balik jadi 53 kg sampe sekarang. Alhamdulillah, gue bersyukur berat gue selalu stabil. Gue masih jaga pola makan, masih suka zumba, cardio, ataupun workout.
Sekarang gue bener-bener ngga target berat badan. Yang penting gue sehat, apa yang gue makan bisa jadi energi, gue tetep gerak dan gue bisa mencintai dan menikmati diri gue sendiri. Oke sudah selesai ceritanya, itulah cerita gue pernah kurus. Barangkali kalian mau sharing atau pun minta solusi sama gue, bisa komentar atau kirim ke e-mail aja ya.

 
Ini waktu kelas 3 SMP

Baru lulus SMA

 Ini waktu lebaran, kalo ga salah udah lulus SMA (Nunggu pengumuman SIPENCATAR)

Waktu di purboyo dulu

Ini waktu berat badan 65 kg

Ini berat 62 kg

Berat 58 kg

Berat 56 kg

54 kg (Waktu PKL)

52 kg (Sebelum PKL kalo ga salah)

54 kg (Waktu PKL)

Pernah 50 kg 

53 kg (Mau kelulusan)
53 kg (Graduation)

NOW

Oke segitu dulu fotonya. Besok kalo sampe bali aku bongkarin foto-foto lama, barangkali ada foto waktu kecil dan waktu SD dulu.



Jawa Barat, 18 Desember 2017 

Comments