Cerita soal Al-quran disaat rindu rumah


Sedikit cerita untuk hari ini. Gue baru merasakan bagaimana rasanya menjadi anak rantau. Sebenernya sejak SMA pun gue udah ngerantau ya, karena sekolah jauh di luar kota. Asrama pula. Pulang ke rumah tiap libur doang. Masuk kuliah juga sama, asrama (lagi). Bedanya kalo kuliah masih ada jam Pesiar tiap hari rabu atau jam IB (Izin Bermalam) tiap hari sabtu sampai minggu. Itu pun kalo jam IB ga di cancel sama ketarunaan. Yaaaa meskipun ada kuliah sabtu sampe sore, keluar dari asrama malem pun kami udah seneng banget.

Jujur, ini adalah titik tanah rantauan gue yang terjauh. Kalo mau dibandingin sama temen-temen gue yang dari sabang sampai merauke sekolah jauh-jauh, ataupun mereka yang tinggal di negeri orang, atau barangkali yang terombang ambing dilautan yang pulang 6 bulan sekali dan sinyal sesuai amal ibadah, mungkin gue ngga ada apa-apanya. Tapi disini, gue ngerasa gue cemen dan pengen ngeluh. Beda sama waktu pendidikan, kegiatan banyak, jam kuliah padat, tinggal di asrama bareng-bareng selama 24 jam, jalan kemanapun ngga sendiri, kalo bosen di kamar bisa main ke kamar lainnya. Sekarang? Sebenarnya gue emang enjoy, tapi makin kesini? Gue ngerasa jauh banget, gue ngerasa sendiri. Bangun tidur – sholat – mandi – sarapan – kerja – makan – mandi – sholat – tidur lagi. Gitu aja siklusnya selama 4 bulan ini. Membosankan? Iya. Gue masih berencana lanjut kuliah, untuk tahun depan. Karena gue juga mau ngumpulin uang biar bisa biayain kuliah gue sendiri.
Pernah suatu sore gue bener-bener kangeeeennnn banget sama rumah dan seisinya. Kangen orang tua gue, kangen ade gue, kangen kakak gue, kangen kucing-kucing gue dan kangen Bali pastinya. Tanah kelahiran gue. Dimana gue sendiri udah 20 tahun disana. Pulang kerja gue rebahan sebentar, mengingat rumah. GUE KANGEN YAA ALLAH! Awalnya gue malu mau bilang kalo gue pengen pulang. Karena apa? Pasti gue dihujat abis-abisan sama kakak gue yang rese itu. Ga Cuma itu, gue takut kalo disuruh pulang lagi ke Bali tapi ngga bawa apa-apa. Akhirnya gue iseng chat ayah gue. Begini isinya:


TAP GAMBARNYA YA BIAR LEBIH JELAS


Seketika gue nangis. Gue langsung sholat ashar dan baca al-quran sambil nangis. Kata-kata Ayah gue bener-bener menyentuh dan buat gue sadar. Selama kuliah, gue jarang baca quran, paling ngga kalo abis isya’ atau abis subuh. Itupun kalo gue ngga tidur diatas jam 12 yaa (Karena kalo diatas jam 12 gue takut) wkwk. Alhamdulillah sekarang tiap habis maghrib gue selalu baca qur’an. Banyak hikmah yang bisa gue ambil. Selain nambah pahala dan mengisi waktu kosong, gue juga lebih tenang dan lebih berasa hidup aja. Serius percaya deh. Bacaan gue ngga sebagus kaset, TV atau orang-orang yang emang merdu banget, MasyaAllah. Tapi alhamdulillah gue sangat bersyukur, dengan gue bisa membaca aja itu sudah sangat bersyukur.

Baca al-quran bener-bener ngobatin rindu gue banget. Yaa emang ngga sepenuhnya (Karena belum ketemu) setidaknya hati gue ngga galau-galau amat lah mikirin rumah.
Gue nulis ini bukan bermaksud buat riya’. Mungkin gue ngga kaya temen-temen gue sebagian yang udah jadi hafidz, yang udah hafal 30 juz. Mungkin gue juga baca qur’an ngga sebagus temen-temen SMA gue yang bacaanya MasyaAllah super duper bikin merinding. Meski lo belum lancar sekalipun, meski lo masih suka salah baca atau masih salah dengan tajwid, ngga apa-apa. Belajar lagi. Percaya sama gue, baca Al-qur’an itu bener-bener buat lo ngerasa tenang dan buat lo ngerasa hidup aja. Sekali lagi, gue ngga bermaksud riya’. Tapi gue pengen mengajak kalian semua, terutama anak-anak muda, daripada lo scroll Instagram sampe kuota lo sekarat dan kantong lo miris, mending baca al-qur’an. Meski hanya 1 ayat aja. Bagi lo yang ada di tanah rantauan, yang lagi kuliah jauh, yang lagi on the job training atau pun yang lagi berlayar, coba deh baca al-qur'an di waktu senggang ataupun sehabis sholat. Lo bakal ngerasain yang namanya hidup dan lebih tenang dan ngga gelisah. Gue udah ngerasain, kalo lo mau coba selama satu minggu aja, lo bisa sharing ke gue ya 
Semoga bermanfaat

Jawab Barat, 21 Februari 2018

Comments

Post a Comment