CERITA DIET (PART I)


“Ih gendutan ya”
“Ih, pipinya makin tembem ya”
“Bulet”
“Ih kurusan sekarang ya”
“Tirus ya pipinya”
“Jangan terlalu gendut, nanti jelek”
“Jangan terlalu kurus, nanti anorexia”
“Kalo tirus pasti lebih manis”
“Bisa ditirusin lagi ga wajahnya?”
“Tembem gitu keliatan imut ko”

Pertanyaannya sekarang, “MAU SAMPAI KAPAN KITA MENGIKUTI APA KATA ORANG?”
Nah, dari beberapa cuplikan percakapan diatas, pasti ada dong salah satu dari kalian yang pernah ngalamin? Yap. Begitu juga aku. Namanya manusia emang ga pernah puas, ga pernah ada habisnya mengkritik, ga pernah ada selesai ngehujat. Well, sebenarnya aku bingung harus nulis dari mana.

Ini aku cerita dari awal ya. Sebenarnya badan aku itu ga gemuk banget dan ga kurus banget. Lebih ke standar lah, berisi gitu. Waktu aku SD pun, aku juga ga begitu gemuk. Bahkan waktu SD aku sempat kurus banget gara-gara latihan Marching Band yang di genjot mati-matian. By the way, dulu posisi aku Colour Guard (CG). CG disini bukan semudah dan seenak yang kalian bayangin. CG juga bukan cuma pelengkap Marching Band aja. CG itu berperan sangat penting di suatu Marching Band  atau pun Drum Band. Main CG itu benar-benar pakai tenaga dan juga pakai otak. Kenapa? Selain gerak dengan gesit dan lincah, kita juga menghafal berbagai macam gerakan. Makanya dulu bisa kurus banget. Masuk SMP, aku mulai gendut. Dan awal masuk SMA sempat kurusan. Tapi begitu stop ikut paskibra (Kelas XI), badan mulai melar lagi. Ga pernah gerak, olahraga ga teratur.

Nih ya, jaman aku SMA aku bener-bener rakus banget sama yang namanya makanan. Istirahat pertama, aku selalu beli gorengan dan jajanan micin-micin gitu. Istirahat kedua aku selalu beli siomay atau gorengan. Pulang sekolah, setelah ambil jatah makan di dapur asrama, aku pasti beli jajan lagi diluar asrama (masih area sekolah). Entah itu siomay, bakso atau mie ayam. Ditambah es campur. Enak? ENAK BANGET. Malamnya, kalau pas jadwal makan ayam, porsi nasiku satu piring penuh. Beneran itu porsi kuli. Kadang kalau temen aku nasinya ga habis, aku siap nampung. Astaghfirullah rakus lah pokonya. Ngga cuma itu, malam setelah kegiatan asrama selesai, aku juga ga pernah melewatkan jajan ke kantin. Apalagi kantin asrama ada di belakang kamarku.

Selama 2 tahun pola hidup aku kaya gitu. Jarang olahraga, karena tiap olahraga ya mager. Badan berat si, makanya males. Sampai pada akhirnya aku jadi taruni, aku bener-bener ngerasain gimana rasanya jadi orang ‘gendut’. Gendut itu ga salah. Tapi kalau untuk taruni? Jelas sangat bermasalah. Mau gerak cepet ga bisa, aktifitas fisik berasa berat karena bawa badan, jadi gampang cape dan sering sakit, daya tahan lemah, sering keseleo gara-gara kaki ga kuat nopang tubuh, penampilan juga buruk, baju jadi ga rapi, dan lain sebagainya. Akhirnya aku pun berjuang mati-matian buat ngurusin badan, biar badan aku sama kaya temen-temen aku. Alhamdulillah akhirnya diet aku berhasil. Berbagai macam olahraga juga udah aku jalanin. Olahraganya apa? Aku selalu nambah porsi lari sore 10x keliling lapangan. Udah gitu nge-gym juga biar makin maksimal. Aku kurangi porsi makan aku, ga pernah jajan lagi, dan alhamdulillah berhasil.

Tapi aku juga sering stuck ko. Kenapa sering stuck? Karena mindset ku adalah untuk kurus bukan untuk sehat. Sekarang aku masih tetap diet ko. Inget, diet bukan menyiksa diri. Sekarang aku lebih mengatur pola makan. Aku makan 3x sehari. Aku bener-bener jarang bahkan hampir ga pernah namanya ngemil. Kalau udah diatas jam 7 aku ga konsumsi apa pun itu. Tiap sore aku selalu workout. Dan, aku juga udah ngurangin makanan atau minuman manis. Semakin kesini, aku semakin tau, kalau sebenarnya aku ga suka sama minum-minuman manis. Makanya kalau lagi makan diluar, aku selalu pesan air mineral, bukan es teh, es jeruk atau lainnya (kecuali jus murni). Aku selalu menghitung berapa kalori yang masuk ke tubuh aku. Apa yang seharusnya aku makan dan tidak. Sekarang aku lebih suka makan sayur-sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan. Aku juga tetap konsumsi ikan, daging, ayam dll. Aku masih mengonsumsi minyak atau makanan gorengan lainnya. Selagi apa yang aku makan itu sehat, jadi aku ga takut. Aku benar-benar ingin hidup sehat, tetap fit, bugar dan awet muda tentunya. Tapi, alhamdulillah, badan aku pun ikut terbentuk karena pola dietku yang menurut aku enjoy buat aku jalani sampai aku tua. So, kurus itu hanyalah bonus.

Ga sedikit orang yang ngedukung, mengkritik atau lain sebagainya. Kadang kesel aja. Cuma sekarang aku lebih open minded, kalo aku ngikutin apa kata orang, aku ga akan jadi diri aku sendiri, dan hidup aku ga bakalan bahagia. Jadi buat teman-teman yang pernah di kritik, santai aja. Hidup yang mengkritik juga belum tentu sempurna 100%. Mungkin mereka hanya sedikit iri dan ingin akan pencapaianmu. Stay healthy, stay possitive, stay young and stay beauty.


Jawa Barat, 15 Mei 2018

Comments

Post a Comment